Cara Cerdas Menyimpan Sayur Agar Lebih Tahan Lama dan Tetap Segar

Cara Cerdas Menyimpan Sayur Agar Lebih Tahan Lama dan Tetap Segar
December 6, 2017 sigma
In News

Ketika membeli sayuran dan belum digunakan, sebaiknya disimpan di kulkas agar sayuran tetap segar. Anda juga dapat memilih kulkas hemat listrik sebagai pilihan kulkas terbaik karena konsumsi listriknya yang tidak boros.

Dengan menyimpan di kulkas dapat menjaga warna sayuran yang mana warna tersebut merupakan bukti bahwa kandungan gizi didalamnya masih terjaga dengan baik.

Seperti yang kita tahu bahwa masih banyak orang yang menyimpan sayuran menggunakan suhu rendah namun dengan waktu yang sangat lama sehingga menyebabkan sayuran tersebut layu dan tidak segar untuk digunakan.

Jika Anda ingin menyimpan sayuran karena tidak langsung digunakan setelah membeli, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut agar sayuran lebih tahan lama.

  1. Sebelum mengawetkan sayuran didalam kulkas, sebaiknya sayuran tersebut tidak dicuci karena kadar air yang meningkat dapat berdampak pada sayuran dimana lebih cepat rusank stuktur dan warnanya. Jika memang sayuran yang Anda beli kelihatan kotor dan memang harus dicuci, maka Anda dapat mencucinya cukup dalam 2 kali bilas saja. Setelah itu, tiriskan dan tunggu sedikit kering, selanjutnya dapat Anda masukan dalam kulkas.
  2. Hal berikut yang dapat Anda lakukan adalah dengan membungkus sayuran dengan kantong kertas yang mana bertujuan untuk membuat sayuran jauh lebih awet dibandingkan dengan menggunakan kantong plastic. Kantong kertas pada umumnya dapat membuat uap air yang keluar dari sayur terserap.
  3. Selain sayuran yang harus dibersihkan, tentunya kulkas tempat Anda menyimpan sayuran juga harus dalam keadaan bersih. Anda dapat membersihkan kulkas dari sisa sayuran, makanan, minuman yang sebelumnya pernah tersimpan. Hal ini dilakukan untuk mencega bau tidak sedap didalam kulkas. Anda dapat mengelap dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan cuka atau baking soda.
  4. Simpan sayur tanpa memotong tangkai sayur sebelumnya. Menyimpan sayur dalam keadaan utuh membuat sayur dapat bertahan lebih lama dikarenakan tangkai yang tidak dipotong merupakan cadangan makanan yang dapat berdampak baik bagi pengawetan sayur.
  5. Simpan sayur terpisah dari buah. Tahukah Anda jika kadar air yang tersimpan dalam air jauh lebih tinggi daripada sayur. Oleh karena itu, untuk menjaga sayur agar tahan lama sebaiknya sayur dan buat disimpan dalam wadah yang berbeda.
  6. Jika Anda ingin menyimpan sayur, sebaiknya jangan dalam waktu yang sangat lama karena dapat merusak tekstur sayur. Bila sayur sudah tidak layak digunakan, sebaiknya buang sayur tersebut agar tidak membusuk dan mempengaruhi sayur lainnya.
  7. Sebelum sayur digunakan, pastikan sayur yang anda cuci bersih setelah diambil dari kulkas. Selain itu, Anda dapat menunggu suhu sayur naik dan baru kemudian dapat diolah.

“Belilah sayuran dengan jumlah sesuai porsi menu masakan yang akan dibuat, dimaksudkan agar tidak terlalu banyak sisa bahan makanan yang tersimpan dalam kulkas”.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*