Cara Cerdas Menyimpan Sayur Agar Lebih Tahan Lama dan Tetap Segar

Cara Cerdas Menyimpan Sayur Agar Lebih Tahan Lama dan Tetap Segar
December 6, 2017 sigma
In News

Dengan cara menyimpan sayuran di kulkas yang baik pasti sayuran akan tetap segar. Warna sayuran yang cantik dapat mengugah selera makan, selain itu warna ini merupakan bukti bahwa kandungan gizi di dalamnya masih terjaga dengan baik. Kebanyakan orang menggunakan suhu rendah untuk mengawetkan sayuran, sayangnya walaupun sudah disimpan dalam lemari pendingin pasti dalam beberapa hari sayur tersebut akan layu terutama sayur yang berupa daun-daunan.
Jika anda memutuskan untuk tidak segera memasak sayur maka sebaiknya simpan sayur secepatnya. Berikut ada beberapa tips agar sayuran lebih tahan lama.

1. Jangan mencuci sayur sebelum memasukkannya dalam kulkas, kadar air yang meningkat dapat membuat sayuran lebih cepat rusak. Kalau memang terlalu kotor dan harus dicuci sebaiknya lakukan dalam 1-2x bilas saja. Setelah dicuci tiriskan sebentar sampai kering, baru selanjutnya disimpan di kulkas.
2. Bungkus sayur dengan kantong kertas agar uap air yang keluar dari sayur terserap. Menyimpan sayur dengan kertas ini jauh lebih awet dibandingkan dengan menggunakan kantong plastik.
3. Bersihkan kulkas dari sisa sayur ataupun makanan dan minuman yang sebelumnya tersimpan. Pembersihkan dapat dilakukan cukup dengan mengelap. Kalau ada bau tidak sedap bisa menggunakan air hangat yang bercampur cuka/ baking soda, tenang aman kok buat bahan makanan.
4. Simpan sayur dalam keadaan utuh. Kesalahan banyak orang adalah memotong tangkai terlebih dahulu sebelum memasukkan dalam kulkas dengan maksud agar lebih mudah ditata. Hal ini salah karena banyak cadangan makanan tersimpan di tangkai yang membantu sayuran tahan lama.
5. Pisahkan antara sayur dan buah. Kadar air dalam buah jauh lebih tinggi daripada sayur, maka dari itu untuk menjaga sayur tahan lama sebaiknya kita menaruh sayur dan buah dalam wadah yang berbeda.
6. Buang sayur yang sudah tidak layak. Jangan biarkan sayur yang terlihat mulai membusuk ini mempengaruhi sayur lain di dekatnya.
7. Sebelum diolah, cuci bersih sayuran yang telah anda simpan di kulkas. Sebaiknya menunggu suhu sayur naik, memasak sayur yang masih dingin akan merusak tekstur.

“Belilah sayuran dengan jumlah sesuai porsi menu masakan yang akan dibuat, dimaksudkan agar tidak terlalu banyak sisa bahan makanan yang tersimpan dalam kulkas”.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*