Make Your Own Cold Wine

Make Your Own Cold Wine
September 26, 2016 sigma
In News

Wine (anggur: Bahasa Indonesia) merupakan salah satu minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi anggur. Karena adanya kandungan kimia alami, fermentasi anggur tidak membutuhkan bahan tambahan seperti gula, asam, enzim, air, atau nutrisi lainnya.

Proses fermentasi membuat ragi akan mengkonsumsi kandungan gula dari anggur dan mengubahnya menjadi etanol dan karbon dioksida. Variasi yang berbeda dari jenis anggur dan ragi akan menghasilkan jenis anggur yang berbeda.

Berikut adalah beberapa jenis minuman anggur yaitu white wine, red wine, rose wine, sparkling wine, sweet wine, dan fortified wine.

  1. Red wine atau yang biasa disebut anggur merah (red grapes) merupakan salah satu anggur yang cukup terkenal di kalangan premium wine di Indonesia contoh beberapa diantaranya adalah merlot, cabernet sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir.
  2. White wine (white grapes) merupakan wine yang terbuat dari anggur putih. Anggur putih yang terkenal di Indonesia adalah chardonnay, sauvignon blanc, Semillon, rieslinh, dan chenin blanc.
  3. Rose wine merupakan wine yang berwarna merah muda dimana terbuat dari anggur merah dengan proses ekstraksi yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan untuk red wine.
  4. Sparkling wine merupakan wine yang mengandung kandungan gelembung karbon dioksida. Wine ini adalah salah satu wine yang terkenal di kalangan premium salah satunya Champagne dari France.
  5. Sweet wine merupakan wine yang diproses dari hasil fermentasi dan mengandung banyak gula (residual sugar) sehingga rasanya manis jika diminum.
  6. Fortified wine adalah wine yang mengandung banyak alkohol dibanding wine biasa. Kadar alkohol yang tinggi tersebut berasal dari proses pembuatan yang merupakan hasil penambahan spirit.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*